Posted on

Sakitnya Badan, Sebab Emosi yang Kurang Sehat. Pun Sebaliknya. Maasak, toh?

Apa kabar, duluur? Sini, tak ceritain..

Awal tahun 2012 lalu, saya berkesempatan ikut workshop SEFT selama 2 hari. Acaranya digelar di salah satu hotel berbintang di Surabaya, dari jam 6 pagi sampai jam 6 sore. Break untuk sholat dan makan sangat singkat, dikarenakan materinya amat padat. Workshop yang dari keseluruhan 24 jam itu, 70 persennya adalah praktik langsung. Bahkan saat pulang ke rumah, kami masih diberi tugas, mempraktikkan apa yang didapat di workshop untuk menangani sedikitnya 3-5 kasus berbeda. Tugas rumah ini dijadikan syarat dikeluarkannya sertifikat peserta sebagai seorang SEFTer.

Spiritual-Emotional Freedom Technique (SEFT), adalah sebuah metode penyembuhan fisik dan psikis yang telah teruji secara klinis. Hasil pengembangan dari metode milik Gary Craig, yaitu Emotional Freedom Technique (EFT), oleh Bapak H. Ahmad Faiz Zainuddin, Sp.Psi, M.Sc, Founder SEFT.

Yup. Perbedaan paling prinsip dari dua metode ini terletak di huruf “S”, alias Spiritual. Bapak Faiz menyempurnakan bagian sugesti pada EFT menjadi serangkaian kalimat doa yang membuat SEFT bekerja lebih powerfull. Doa ini disusun tidak sembarangan, tapi berdasar hasil riset dan banyak percobaan. Kemudian dipertemukan dengan gabungan belasan teknik lainya. Diantaranya yang terkuat adalah, Loving-Kindness dan Energy Psychology.

Saya ingat betul cerita pengalaman beliau saat bertemu para praktisi EFT dari berbagai belahan dunia, di sebuah pertemuan besar, di Singapura. Mereka berdiskusi dan saling berbagi pengalaman. Cerita menarik adalah saat salah satu praktisi  peserta yang atheis membagi  pengalamannya gagal menangani sebuah kasus. Pak Faiz kemudian menyusun kalimat doa yang sesuai, dan menyarankan kepada praktisi Yunani tersebut untuk mencobanya, seperti yang ia lakukan pada metode SEFT-nya. Dan, berhasil. Sebetulnya ada video testimoni dari praktisi Yunani tersebut, tapi sayang, saya ndak bisa temukan file-nya.

Sebelum benar-benar mendaftar workshop, seminggu sebelumnya saya mengikuti preview singkat. Preview bertujuan agar calon peserta mendapat gambaran besar tentang SEFT dan workshop yang akan diikuti. Untuk meyakinkan calon peserta bahwa workshop ini benar-benar bernilai sehingga wajib diikuti. Yang terpenting, sebanding dengan harganya, yaitu Rp. 3.500.000 untuk workshop 2 hari (tanpa menginap).

“Setiap ada yang nanya ke saya, apa SEFT bisa digunakan untuk sembuhin penyakit ini? apakah bisa untuk penyakit itu? Saya hanya jawab, insyaAllah, dicoba aja. Kenapa? Gini, Bapak-Ibu, sakit dan sehat itu milik Allah. Milik Tuhan. Tuhan yang kasih sakit, Tuhan juga yang kasih sembuh. Kita, usaha aja. Siapa Tau, Tuhan memang berkehendak beri kesembuhan orang itu, atau kesembuhan keluhan kita lewat SEFT ini. Tapi kalau ditanya, SEFT pernah dicoba untuk keluhan atau penyakit apa aja, saya akan sebutin satu-persatu, seingat saya. Karena banyak.”, terang pak Faiz di salah satu momen workshop waktu itu.

SEFT merupakan Teknik pengembangan diri elektis untuk mengatasi berbagai macam masalah fisik,emosi, pikiran, sikap, motivasi, perilaku, dan peak performance secara cepat, mudah & universal. SEFT Sudah diikuti para Dokter dan praktisi kesehatan untuk alternatif penyembuhan setelah pengobatan medis gagal. Terapi SEFT bukan mengantikan pengobatan yang ada tetapi melengkapinya. Terbukti Terapi SEFT ratusan ribu bahkan jutaan orang dengan berbagai kasus bisa dibantu kesembuhannya.

Ada banyak Testimoni, baik tulisan dan video di youtube yang menunjukkan betapa SEFT sangat powerfull dalam menangani berbagai macam keluhan dan gangguan. Beberapa diantaranya, Menghilangkan gangguan kecanduan rokok dalam waktu relatif sangat singkat, hanya beberapa menit, seperti yang bisa dilihat di video di bawah :

Ibu-ibu ini cerita tentang kesembuhan penyakitnya Jantungnya dengan SEFT :

Klip video berikutnya, SEFT untuk kasus phobia Durian. Pernah saya coba juga ke Istri, alhamdulillah, kalau sebelumnya bau durian bikin pusing sampai mual, setelah 5 menit therapy, istri bisa menikmati bau wanginya durian :

Masih ada banyak manfaat SEFT dalam mengatasi keluhan dan gangguan fisik dan psikis. Mulai dari masalah anak hingga orang dewasa, keluhan ringan hingga berat, penyakit ringan hingga berat, gangguan kepercayaan diri, ketakutan, emosional, rasa gelisah, dan lain-lain. Tidak kesemuanya diselesaikan dalam hitungan menit. Beberapa gangguan dengan kondisi tertentu membutuhkan therapy berkelanjutan.

Kunci utama SEFT terletak pada keikhlasan dan kepasrahan hati. Ikhlas menerima apapun keluhan yang sedang dialami sebagai sebuah cobaan dari Tuhan Yang Maha Penyayang, dan memasrahkan pula kesembuhannya. Itu sebabnya saat proses tapping dilakukan, klien dipandu berulang-ulang mengucapkan “Saya ikhlas Ya Allah, saya pasrah.”, agar memudahkan klien memposisikan hati.

Tapping adalah mengetuk ringan dengan dua ujung jari pada titik-titik tertentu di tubuh kita. Titik-titik ini adalah titik-titik kunci dari “The Major Energy Meridians”, yang jika kita ketuk beberapa kali akan berdampak pada ternetralisirnya gangguan emosi atau rasa sakit yang kita rasakan. Karena aliran energi tubuh berjalan dengan normal dan seimbang kembali.

 lokasi-titik-taping

Pada awalnya, sayapun mengira akan butuh proses belajar yang kompleks untuk bisa melakukan therapy ini. Ternyata baru selesai hari pertama workshop usai saja, saya sudah bisa dan berhasil membuat istri saya menikmati bau durian. Teknik ini sungguh sangat gampang dipelajari. Kedua kalinya saya coba menghilangkan alerginya makan kepiting. Alhamdulillah, berhasil. Membuat perokok aktiv menolak rokoknya pun sudah beberapa kali saya lakukan. Hingga saat ini, saya masih praktikkan SEFT untuk keluhan apapun, setidaknya pertolongan pertama, atau sekedar mengurangi rasa gangguan. Termasuk kepada kedua anak saya, saudara, kerabat dan orang tua.

Saya memang mudah sekali tertarik dengan hal-hal baru semacam ini. Bahagia jika apa yang bisa kita lakukan, ternyata bermanfaat buat orang lain.

Segini dulu ya, duluur..

Semoga aktivitas Panjenengan hari ini semua lancar dan berkah. Diberi kesehatan sekeluarga di dunia, dan ampunan untuk akhirat. aamiin..

 

-Mas Awang-

 

*jadi ingat sama Mas Dokter Hafid Algristian, beliau yang ngenalin saya dengan SEFT. Mungkin Panjenengan juga kenal. atau malah sudah punya buku-bukunya?

5 thoughts on “Sakitnya Badan, Sebab Emosi yang Kurang Sehat. Pun Sebaliknya. Maasak, toh?

  1. Menarik bangef ya seft ini. Pengin ngilangin kebiasaan takut berbicara di depan umum

    1. bisa mbak Tikha, insyaAllah. kapan deh, kalo ada kesempatan meet up, tak ajarin. GRATIS. hahaha

  2. Aku tertarik ttg SEFT iki Wang.. Smntra baru pinjem buku EFT-nya papaku, tp jek durung smpt moco, lek wes moco biasane pgn bljr prakteke. Aku yo sng training2 model pseudo psychology gini ini, yg udah prnh bljr sih reiki, tp wes suwi g dipraktekin.

    1. Melu workshop nne, harga pancet koyoe. Cek link webe. SEFT Total Solution : SEFT untuk penyembuhan hingga meraih keberuntungan. Workshop 2 hari yg gak akan terlupakan. Tenan iki!

    2. Oiyo, sekali ikut workshop (alumni) iso ikut ulang workshop2 selanjutnya, FREE. Fungsinya utk konsul mungkin, atau nek pas kebetulan ada pengembangan ilmu baru yg blm didpt si workshop sebelumnya, kita bisa otomatis update ilmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *